Cara Masuk WhatsApp Web Tanpa Verifikasi Scan Barcode

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi chatting terpopuler di dunia, jelas sangat memperhatikan privasi penggunanya. Salah satu bentuk upaya ini adalah dengan meminta kode QR atau verifikasi scan barcode jika kita ingin mengakses WhatsApp Web di PC atau di laptop.

Kode QR sendiri merupakan kumpulan kode rahasia yang digunakan sebagai bahan pemindaian yang nantinya dapat diidentifikasi oleh program seperti Whatsapp web.

Beberapa orang menganggap “peraturan” untuk membuka WhatsApp Web agak rumit. Pada dasarnya, itu dilakukan untuk melindungi setiap pengguna. Pemindaian QR bertindak sebagai “segel”. Tanpa itu, akun WhatsApp kita bisa diakses secara bebas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekilas beberapa pertanyaan muncul di pikiran setiap pengguna WhatsApp, Apa bisa masuk ke WhatsApp Web tanpa verifikasi scan barcode? Yang bikin penasaran, adakah cara mengakses WhatsApp Web ini tanpa barcode?

Menariknya, bukan hanya saya yang tertarik dengan hal ini. Ada pengguna WhatsApp lain yang juga tertarik dengan caranya. Dengan WhatsApp Web kita bisa browsing di laptop, tidak repot menjawab chat ponsel yang masuk satu per satu.

Jika Anda ingin menggunakan Whatsapp Web setiap saat, tetapi Anda terlanjur logout, Anda harus melalui barcode, tentu saja sangat merepotkan. Oleh karena itu, ada cara alternatif untuk mengakses WhatsApp Web tanpa memindai barcode untuk login.

Lalu bagaimana caranya? yuk simak langkah-langkah berikut!

1. Buka WhatsApp Web di Laptop Anda

Yang pertama, buka aplikasi WhatsApp Web di laptop atau komputer Anda. 

2. Pilih kotak centang “Tetap Masuk”  / “Keep me signed in”

Fitur ini tersedia di WhatsApp Web sehingga kita tetap dapat terhubung ke WhatsApp Web tanpa berulang kali login ke WhatsApp dan memindai barcode atau kode QR dari ponsel.

Baca juga: Cara Melihat Pesan Whatsapp Yang Telah Di Hapus Dengan Mudah

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka whatsapp.com di leptop Anda.
  • Setelah melihat kode batang, lihat bagian bawah kode batang, akan tertulis “tetap masuk”
  • Lalu centang
  • Sebelum Anda centang, pastikan komputer yang Anda gunakan tidak dapat diakses oleh orang lain, karena meskipun jendela WhatsApp web ditutup, akun Anda akan tetap login.

Lalu aktifkan laptop Anda di pengaturan Whatsapp web. Cara ini bertujuan untuk “mengingat” handphone yang digunakan pada aplikasi Whatsapp di laptop atau komputer yang digunakan untuk mengakses website Whatsapp.

Metode ini dapat membuat proses sinkronisasi antara perangkat seluler dan komputer Anda dengan cepat

Langkah nya sebagai berikut:

  • Setelah masuk ke WhatsApp Web, buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  • Pilih menu pengaturan klik tiga titik kecil di sudut kanan atas.
  • Pastikan laptop kamu sudah terdaftar WhatsApp dan aktif.
  • Jangan sentuh tombol keluar untuk semua komputer.
  • Pindai kode QR / scan barcode menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

3. Masuk ke kolom WhatsApp Web

Setelah Anda masuk ke WhatsApp Web melalui perintah “Tetap Masuk” Anda akan dapat mengakses WhatsApp Web mendatang tanpa harus memindai kode batang lagi.

Pastikan koneksi internet Anda aktif. Jaringan WA ini bekerja dengan cara melakukan sinkronisasi dengan jaringan WA yang terpasang di handphone. Oleh karena itu, jaringan WA tidak dapat digunakan jika internet seluler terputus.

4. Cara Logout WhatsApp Web

Sementara itu, cara untuk keluar dari WhatsApp. Pertama, klik tiga titik di bagian atas WhatsApp Web, lalu pilih Log Out. Bisa juga melalui smartphone. Buka WhatsApp, klik tiga titik di kanan atas dan pilih “perangkat berpasangan” dan kemudian klik “Status Perangkat” di bawah untuk keluar dari WhatsApp Web.

Setelah melakukan prosedur di atas, tidak perlu memindai barcode untuk mengakses Whatsapp Web di laptop atau komputer. Anda sudah bisa membuka secara otomatis di tampilan WhatsApp Web pada saat Anda membukanya di komputer atau laptop.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Fitur WhatsApp yang Jarang Diketahui

Pertanyaan lainnya yang banyak ditanyakan

  • Apakah akun web akan logout jika Internet dinonaktifkan/ dimatikan? Jangan khawatir, karena akun tidak akan logout. Jadi Anda bisa menggunakan internet kapan pun Anda mau. Seperti yang saya katakan sebelumnya akan muncul peringatan “tidak terhubung”.
  • Bagaimana jika komputer mati apa akan keluar dari web? Tidak, jika Anda mengikuti prosedur di atas, terutama pada poin kedua yang Anda tandai untuk tetap login, WA akan tetap login.
  • Bisakah masuk menggunakan  browser lain? Tentu bisa, Anda bebas menggunakan browser apa pun. Namun, saya menggunakan 2 browser di sini (Chrome dan Firefox). Itu saja, Anda harus mengulangi langkah pertama di browser baru.
  • Apa bisa  login di komputer lain? bisa saja, dan jawabannya sama dengan pertanyaan browser sebelumnya. 

Sekilas penjelasan Tentang WhatsApp Web

Oh ya, sedikit tambahan, WhatsApp Web merupakan salah satu fitur dari WhatsApp, dimana kita bisa membuka chat di WA melalui browser, 100% tanpa membuka handphone.

Fitur ini tentunya sangat cocok untuk digunakan di komputer atau laptop. Namun, untuk masuk ke WhatsApp web menggunakan akun yang kita miliki, kita harus memindai kode QR terlebih dahulu.

Demikian sedikit informasi tentang cara masuk WhatsApp web tanpa scan barcode atau verifikasi kode QR.

Jadi kesimpulannya dari proses tersebut terbilang mudah bukan?  Menurut saya, cara ini tidak sulit ya untuk di praktekan.

Artikel ini saya buat selengkap mungkin untuk menjawab pertanyaan para pengguna WA yang ingin login ke akun WhatsApp mereka melalui web tanpa handphone. Semoga bermanfaat untuk kita semua. selamat mencoba.