Alasan Kenapa Nomor Telepon Anda Diblokir Oleh Pihak WhatsApp

Alasan Kenapa Nomor Telepon Anda Diblokir Oleh Pihak WhatsApp – Aplikasi WhatsApp memiliki kebijakan yang mana jika kebijakan tersebut dilanggar maka akan mengakibatkan Nomor telepon Anda akan diblokir oleh pihak WhatsApp.

Pemblokiran bisa saja terjadi secara tiba-tiba tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dari pihak WhatsApp. Kalau hal itu terjadi, tandanya ada tindakan yang melanggar kebijakan WhatsApp yang tanpa Anda sadari.

Salah satu penyebab kenapa Nomor telepon Anda diblokir adalah menggunakan aplikasi WhatsApp mod atau aplikasi yang tidak resmi dari pihak WhatsApp seperti WhatsApp Plus, OG WhatsApp, GB WhatsApp, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Mod ini memang mempunyai fitur-fitur menarik yang tidak ada pada aplikasi resmi WhatsApp, akan tetapi dengan menggunakan aplikasi WhatsApp mod tersebut berisiko akun Whatsapp Anda diblokir.

Pemblokiran akun WhatsApp akibat menggunakan aplikasi WhatsApp mod atau aplikasi tidak resmi biasanya hanya bersifat sementara, akun WhatsApp akan terblokir dalam kurun waktu 24-48 jam lamanya. Jika hal tersebut terjadi berkali-kali bisa saja akun WhatsApp Anda akan terkena pemblokiran secara permanen. 

Maka dari itu, jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi, sebaiknya langsung diganti ke aplikasi resmi dari pihak WhatsApp.

Kemungkinan lain akun WhatsApp Anda terblokir secara permanen adalah melakukan pelanggaran yang cukup fatal. Pemblokiran secara permanen ini berbeda dengan pemblokiran sementara.

Jika pemblokiran sementara, pemblokiran akan terbuka sendiri dengan kurun waktu yang telah ditentukan. Sedangkan pemblokiran secara permanen, pemblokiran tidak akan terbuka sendirinya. 

Berikut penyebab lain nomor telepon Anda diblokir oleh pihak WhatsApp

1. Mengirim pesan broadcast secara berlebihan

Pesan broadcast adalah fitur dari aplikasi WhatsApp yang bisa membantu pengguna nya untuk mengirim pesan secara bersamaan ke beberapa kontak sekaligus. Dengan adanya fitur ini pengguna aplikasi WhatsApp tidak perlu repot mengirim pesan satu persatu untuk mengirim pesan ke beberapa kontak.

Akan tetapi fitur ini juga sering disalah gunakan oleh beberapa orang untuk berkali-kali mengirim pesan ke banyak nomor dalam waktu singkat, atau yang dikenal dengan istilah spammer.

Dengan melakukan aktivitas seperti itu bisa dianggap mencurigakan dan dianggap spam oleh pihak WhatsApp, terlebih jika pesan broadcast tersebut dikirim ke nomor telepon orang lain yang tidak ada di kontak. Biasanya hal tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan bot (program komputer yang dibuat khusus untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan secara otomatis).

2. Dilaporkan dan diblok oleh orang banyak

Nomor WhatsApp yang terlalu sering dilaporkan dan diblok oleh orang banyak juga bisa mengakibatkan pemblokiran secara permanen. 

Saat Anda terlalu sering mengirim pesan broadcast ke banyak kontak sehingga membuat orang-orang yang Anda kirimkan pesan broadcast tersebut merasa terganggu. Lalu mereka yang merasa terganggu tersebut memblokir atau melaporkan nomor WhatsApp Anda. Hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor nomor Anda diblokir secara permanen oleh pihak WhatsApp.

Semakin banyak yang memblokir atau melaporkan nomor WhatsApp Anda maka semakin besar pula risiko nomor WhatsApp Anda diblokir secara permanen. Maka dari itu, gunakan lah fitur broadcast sebaik dan sebijak mungkin agar orang lain tidak merasa terganggu dan terhindar dari pemblokiran. 

3. Mengirim konten yang melanggar ketentuan layanan WhatsApp

Faktor penyebab nomor telepon diblokir oleh pihak WhatsApp adalah karena mengirim konten yang melanggar ketentuan layanan WhatsApp

Ketentuan layanan WhatsApp melarang antara lain, memublikasikan berita palsu, mengancam, mengintimidasi, penuh kebencian, dan menyinggung ras atau suku, ataupun mendorong perilaku ilegal atau tidak pantas. WhatsApp akan memblokir pengguna nya yang kedapatan melanggar ketentuan layanan yang telah tersedia

4. Menggunakan aplikasi WhatsApp untuk melakukan aktivitas yang       melanggar hukum

Hampir semua aplikasi sosial media tidak memperbolehkan layanan mereka digunakan untuk melakukan aktivitas ilegal, begitu pula dengan aplikasi WhatsApp yang tidak memperbolehkan layanan nya digunakan untuk melakukan aktivitas-aktivitas ilegal.

Akun WhatsApp yang dipergunakan untuk melakukan aktivitas yang melanggar hukum seperti menipu orang lain, melakukan ujaran kebencian, melakukan intimidasi, menjual belikan produk ilegal, dan aktivitas yang melanggar hukum lainnya bisa di blokir secara permanen oleh pihak WhatsApp.

Demikian informasi tentang alasan kenapa nomor telepon diblokir oleh WhatsApp. Semoga uraian di atas dapat membantu menjawab rasa penasaran Anda.