Inilah 5 Aplikasi Investasi Online Terpopuler yang Sudah Terdaftar di OJK

Aplikasi Investasi Online Terpopuler yang Sudah Terdaftar di OJK – Aplikasi investasi online terbaik saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat indonesia, khusus kaum milenial. Terlebih kini tingkat kesadaran masyarakat tentang rencana keuangan semakin meningkat, salah satunya dengan cara berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan. Hal itu membuat aplikasi investasi kini kian banyak dicari oleh masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, investasi kini bisa dilakukan secara online hanya dengan menggunakan aplikasi. Kehadiran aplikasi investasi tentunya membantu kemudahan bagi para investor pemula untuk mulai berinvestasi. 

Aplikasi investasi ini juga sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut 5 aplikasi investasi terpopuler di indonesia

1. Bibit

Aplikasi Bibit adalah perusahaan fintech milik PT Bibit Tumbuh Bersama yang menyediakan portal untuk menjual produk investasi reksa dana secara online. Aplikasi Bibit membantu investor pemula untuk berinvestasi yang dibantu oleh Robo Advisor. Robo Advisor adalah teknologi yang membantu merancang portofolio investasi reksa dana yang optimal. Teknologi tersebut  membantu memudahkan pembelian investasi reksa dana sesuai dengan tujuan dan profil risikonya masing-masing.

Aplikasi Bibit juga telah memiliki izin resmi dari oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga menjadikan aplikasi Bibit sebagai aplikasi yang aman dan legal sebagai penjual produk reksa dana.

Cara memulai investasi reksadana Bibit :

1). Buka aplikasi Bibit

Buka aplikasi Bibit di Smartphone. Jika belum ada, Anda bisa mendownloadnya di App Store atau di Play Store

2). Registrasi dan isi pertanyaan singkat

Klik daftar untuk melakukan registrasi selanjutnya. Kemudian masukkan tanggal lahir Anda dan jawab 6 pertanyaan singkat tentang Bibit tergantung pada profil risiko dan tujuan investasi Anda.

3). Isi data diri dan upload KTP

Kemudian isi alamat email, pendidikan, pendapatan per tahun, sumber penghasilan, dan nama bank.

Lalu, kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP serta foto selfie dengan KTP. Dan jangan lupa untuk tanda tangan di tempat yang sudah disediakan.

4). Atur pin dan verifikasi email

Selanjutnya kamu akan diminta membuat pin untuk mengamankan transaksi di bibit. Setelah itu kamu diharuskan untuk melakukan verifikasi email.

5). Tunggu proses registrasi

Data yang kamu kirim akan diverifikasi oleh tim Bibit . Biasanya memerlukan waktu maksimal 1×24 jam.

2. Ajaib

Kemunculan aplikasi Ajaib sendiri cukup menarik para investor yang ingin melakukan investasi reksa dana. Aplikasi Ajaib membantu para investor dalam melakukan investasi yang aman dan nyaman.

Aplikasi Ajaib juga sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga untuk para investor tidak perlu risau jika kehilangan uang di aplikasi Ajaib ini.

Cara investasi reksa dana di aplikasi Ajaib

1). Download aplikasi Ajaib di Google Play Store atau di App Store,

2). Buka aplikasi tersebut di smartphone, lalu isi bagian formulir data diri seperti nomor ponsel, alamat email, dan kode sandi

3). Masukkan nomor ponsel yang akan diverifikasi dan juga verifikasi lewat email kamu.

4). Isi data profil dengan 4 langkah sebagai berikut :

– Langkah pertama isi pertanyaan berdasarkan pengalaman Anda ketika melakukan pendanaan, penghasilan, tujuan, dan durasi pendanaan untuk OJK.

– Langkah kedua verifikasi identitas dengan mengunggah foto KTP dan memasukkan NIK lalu klik Lanjutkan.

– Langkah ketiga adalah memasukkan alamat rumah yang akan digunakan manajer investasi saat menyampaikan laporan bulanan.

– Langkah terakhir isi informasi terkait rekening bank pastikan bahwa nomor rekening bank sesuai dengan yang kamu daftarkan, lalu klik Lanjutkan

5). Akun ajaib kamu sudah dapat digunakan untuk transaksi membeli produk-produk reksa dana.

3. Bareksa

Bareksa adalah aplikasi berbasis fintech milik PT Bareksa Investment Portal yang menyediakan portal marketplace reksa dana untuk menjual belikan produk investasi reksa dana dari berbagai perusahaan manajemen investasi secara online.

Bareksa mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016 dalam menjual produk reksadana secara langsung dan menjadikannya fintech pertama yang berhasil mendapat lisensi ini.

Cara membeli reksa dana di Bareksa :

1). Log in akun Bareksa

Masuk terlebih dahulu dengan menggunakan email dan kata sandi kamu.

2). Beli reksa dana

Kamu dapat mulai membeli reksa dana di Bareksa dengan mengklik tombol “Reksa Dana Online”.

3). Pilih jenis kepercayaan, manajer investasi, dan reksa dana

Pilih jenis perusahaan manajemen investasi dan nama reksa dana. Ingatlah untuk menyesuaikan dengan profil risiko investasi Anda.

4). Beri centang persetujuan

Jangan lupa beri ceklis persetujuan sebagai tanda bahwa Anda setuju untuk mulai investasi.

5). Tentukan nilai pembelian

Tentukan harga pembelian yang kamu inginkan. Misalnya, jika Anda perlu menginvestasikan 100.000 Rupiah, masukkan angka tersebut dan masukkan di kolom yang ditampilkan.

6). Pilih metode pembayaran dan transfer dana

Silakan pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti metode pembayaran transfer bank. Kemudian konfirmasi pembelian sebagai tanda untuk melanjutkan proses pembelian.

Klik “Konfirmasi” untuk menampilkan nomor rekening penerusan. Pastikan nama akun adalah nama reksa dana yang Anda beli.

7). Transfer uang

Transfer uang hingga 1 x 24 jam ke rekening trust investasi yang ada. Kemudian sertakan nomor pesanan dalam pesan penerusan.

– Konfirmasi pembayaran

Setelah Anda mengirim uang Anda, Anda perlu mengkonfirmasi pembayaran Anda dengan mengklik tautan yang dikirim dalam email atau dengan mengklik dompet dan kemudian klik Pesan.

4. Pluang

Pluang adalah aplikasi financial technology di bawah PT PG Berjangka yang memiliki misi untuk membuka akses masyarakat yang lebih luas terhadap produk-produk keuangan yang mudah dan terjangkau.

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, di aplikasi Pluang ini tidak hanya ada investasi saham dan reksa dana saja, tetapi kamu juga berinvestasi emas dan bahkan Aset kripto.

Cara mendaftar di aplikasi Pluang :

1). Pilih produk kepercayaan investasi yang ingin Anda beli dan klik [Beli].

2). Sebelum memasukkan jumlah dana yang ingin Anda investasikan, Anda akan diberitahu tentang batas waktu / perkiraan waktu yang diperlukan untuk mengkonfirmasi pembelian kepercayaan.

3). Kemudian masukkan jumlah uang yang ingin Anda investasikan dan klik Lanjutkan

4). Pilih metode pembayaran. Anda dapat mengklik Lanjutkan menggunakan transfer bank, akun virtual, atau Gopay

5). Konfirmasi pembelian Anda. Jika Anda yakin, periksa dialog Persyaratan Layanan dan geser ke atas.

6). Anda akan diberitahu tentang informasi tentang memuat sertifikat pembayaran Anda sebelum pembayaran dilakukan.

7). Klik salinan nomor rekening yang ditampilkan untuk melakukan pembayaran (untuk pembayaran, mencegah kegagalan transfer, dan untuk menggunakan nama Anda atau secara elektronik, gunakan metode transfer bank. Disarankan agar Anda memasukkannya dalam urutan nomor yang ditampilkan pada layar konfirmasi saat pembayaran dilakukan) dan sertakan di kolom berita), setelah transfer berhasil, transfer seperti yang ditunjukkan pada contoh pada gambar berikut.

5. Tanamduit

Tanamduit adalah perusahaan financial technology milik PT Star Mercato Capitale, yang menyediakan portal marketplace reksadana untuk memperjual-belikan produk investasi reksadana secara daring online.

Sebagai pasar, Tanam Uang telah memperdagangkan trust investasi sejak 2017 dan telah dilisensikan oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk menjual produk trust investasi. Tidak hanya reksa dana, Tanamduit juga memiliki produk investasi lainnya seperti surat berharga negara (SBN), asuransi, dan produk emas.

Berikut cara melakukan pembelian reksa dana aplikasi Tanamduit:

1). Buka aplikasi Tanamduit.

Pertama buka aplikasi Tanamduit, kemudian log in.

2). Pilih menu Dashboard.

Setelah login, pilih menu dashboard di halaman utama dan pilih produk reksa dana yang ingin dibeli.

3). Pilih produk reksa dana dan tentukan pembeliannya

Setelah memilih produk reksa dana yang ingin Anda beli kemudian klik “Beli”. Selanjutnya masukkan harga beli dengan minimal harga beli Rp 10.000.

Lalu klik ceklis dibagian “Baca dan setujui persyaratan transaksi reksa dana”. Kemudian klik Kirim.

4). Silakan pilih metode pembayaran

Pilih metode pembayaran “Transfer Bank Manual” .

Transfer dana investasi Anda langsung ke salah satu rekening bank yang tersedia di aplikasi tanamduit . Setelah itu, klik “ upload bukti pembayaran”.

5). Konfirmasi pembayaran

Konfirmasi pembayaran Anda dengan mengunggah bukti pembayaran berupa struk ATM atau screenshot layanan mobile banking Anda.

Anda juga dapat membayar dengan metode pembayaran instan yang tersedia di Tanamduit seperti Gopay, Dana dan LinkAja.

Itulah beberapa aplikasi investasi online terpopuler yang bisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Tetapi sebelum mulai, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu  profil resikonya.