Berikut Daftar Teknologi Yang Dapat Menggantikan Manusia

Berikut Daftar Teknologi Yang Dapat Menggantikan Manusia – Perkembangan Teknologi adalah salah satu hal yang menakjubkan. Dimana seiring perkembangan zaman, teknologi juga semakin bergerak maju bahkan lebih cepat dari pada yang kita kira. Teknologi diciptakan dengan maksud dan tujuan untuk membantu manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia ini, yaitu membantu mempermudah setiap pekerjaan yang dilakukan manusia setiap harinya. Alih-alih hanya membantu, karena terlalu pesatnya inovasi para ilmuwan malah bisa menciptakan teknologi yang dapat menggantikan manusia itu sendiri dalam melakukan pekerjaan. 

Berdasarkan sifat dan jenis pekerjaan ini, berikut adalah daftar pekerjaan yang kemungkinan besar akan digantikan oleh kecerdasan teknologi buatan manusia di masa depan :

1. Teknologi AI Customer Service (Layanan Pelanggan)

CS (Customer Service) atau lebih kita kenal sebagai layanan pelanggan tidak memerlukan tingkat kecerdasan sosial atau emosional yang tinggi. Karena sifatnya hanya memberikan informasi dan menjawab pertanyaan pelanggan yang biasanya selalu sama. Di Zaman sekarang sudah banyak perusahaan yang mengandalkan teknologi AICS untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Teknologi ini dipakai karena akan memberikan kinerja yang powerfull bisa terus standby 24 jam nonstop.

2. Teknologi AI Resepsionis

Dengan teknologi ini memungkinkan kita bisa memesan kamar dan Check-in di hotel secara otomatis, peran manusia sebagai penerima tamu akan tergantikan dimana mungkin di masa depan kita tinggal scan kartu identitas untuk bisa check-in di sebuah hotel. Saat ini, bahkan di restoran cepat saji, orang dapat memesan menu makanan melalui layar atau tab komunikasi, kemudian secara otomatis makanan yang dipesan akan diberikan ke pelanggan.

3. Teknologi Pengoreksian Data

Ketika pekerjaan editing adalah pekerjaan yang kompleks untuk dilakukan, dalam hal ini peran manusia masih menjadi yang utama. Seperti editing nada musik, desain gambar, dan lain-lain. Sedangkan untuk pengoreksian data jauh lebih sederhana. Pekerjaan ini bisa diganti dengan mesin seperti mendeteksi kesalahan tata bahasa, konstruksi kalimat, dan kesalahan lainnya dapat dengan mudah diotomatisasi melalui berbagai aplikasi. Pengoreksian data bisa dilakukan dengan cepat. Salah satu contoh adalah Grammarly, salah satu aplikasi paling terkenal yang digunakan para profesional untuk pengecekan grammar dan konteks tulisan.

4. Teknologi sopir AI untuk Bus dan Taksi

 

Setelah kemunculan mobil pribadi dengan fitur autopilot (sistem kontrol otomatis) tidak menutup kemungkinan jika di masa depan fitur autopilot ini juga akan merambah ke kendaraan umum seperti Bus dan Taksi. Robot bisa di setel sedemikian rupa dengan jaminan penumpang bisa lebih aman dan tepat waktu ketika bepergian.

5. Teknologi Layanan Kurir 

Dengan semakin merebaknya gaya belanja dari rumah atau pemesanan barang secara online, membuat layanan pengiriman barang pun harus bekerja lebih ekstra demi kepuasan pelanggannya. Di Masa depan pekerjaan ini bisa jadi akan diambil alih oleh drone dan robot yang diracang khusus supaya bisa mengirimkan paket pesanan dengan lebih aman dan lebih cepat.

6. Teknologi Asisten Rumah Tangga 

 

Beragam teknologi perangkat rumah tangga yang sangat canggih tentu dapat menggantikan posisi peran manusia di bidang kebersihan rumah tangga. Karena telah banyak bermunculan barang-barang yang dapat dioperasikan secara otomatis. Contoh nya seperti vacuum cleaner , TV, AC, lemari es, rice cooker hingga mesin cuci yang dapat berfungsi secara otomatis.

Alat tersebut tentu dilengkapi dengan berbagai sensor guna membaca pergerakan sang majikan. Dan berbagai perangkat rumah tangga tersebut juga dapat saling terkoneksi satu sama lain melalui handphone Anda.

7. Kasir Retail Otomastis 

Toko retail akan menggunakan mesin computer vision yang memungkinkan konsumen keluar masuk toko tanpa harus mengantri untuk bayar di kasir. Konsumen hanya tinggal menggunakan e-money atau kartu debit untuk melakukan pembayaran, sedangkan AI akan mengetahui konsumen mengambil barang yang mana dan harga berapanya. 

Konsep autonomous retail ini telah digunakan di Amazon Go dan toko retail di Indonesia akan mengadopsi teknologi ini. 2017 menjadi tahun peluncuran prototipe autonomous retail dan tinggal menunggu waktu tiba di Indonesia. Hal ini akan menandai berakhir nya profesi kasir. 

8. Robot Koki 

Sebuah perusahaan di inggris Moley Robotics mendemonstrasikan robot yang dapat memasak. Mereka menampilkan robot Hannover Messe di sebuah pameran untuk teknologi industri.

Berdasarkan informasi dari pihak perusahaan, robot ini dilengkapi dengan 129 sensor, 20 motor, dan 24 rangkaian.  

9. Robot Perakitan di Pabrik

Robot telah banyak digunakan oleh pabrik besar di dunia. Robot juga telah melakukan perakitan produk seperti mobil, motor, dan barang elektronik lainnya. Perawatan berupa pemrograman atau pembersihan mesin juga tergolong mudah dan murah bila dibandingkan membayar upah karyawan setiap bulannya. 

Untuk robot, jumlah dana yang harus dikeluarkan hanya mahal di awal, namun perawatan akan sama setiap tahun atau bulan nya, berbeda halnya dengan karyawan yang mengalami kenaikan gaji setiap tahunnya.

Kurang lebih 23 juta pekerjaan di Indonesia akan digantikan oleh robot jika pemerintah tidak segera melakukan antisipasi. Apabila kurang lebih 23 juta pekerja itu hilang dan digantikan robot, maka secara otomatis jutaan tenaga kerja Indonesia akan kehilangan pekerjaan nya.

Robot saat ini memang terus dikembangkan dan beradaptasi dengan lingkungan sesuai perkembangan zaman dan kebutuhan manusia. Sampai batas tertentu, sepertinya akan ada dampak signifikan yang dihasilkan dari kecerdasan buatan pada pekerjaan. Namun, perlu juga kita ingat bahwa empati, pemikiran kognitif, dan kecerdasan emosional adalah sifat-sifat yang membuat manusia unik dan tak tergantikan.